Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dedikasiku untuk Indonesia, bila menjadi Anggota DPD RI

Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI)
Bila tugas-tugas DPD RI harus menjadi tanggung jawab saya. Saya akan menjadi anggota DPD RI yang bekerja sesuai dengan Fungsi, Tugas & Wewenang serta visi dan misi DPD RI. Inilah sikap-sikap saya sesuai dengan Fungsi, Tugas dan Wewenang DPD RI.


1. Fungsi Legislasi


  • Dalam hal ini saya akan mengajukan RUU tentang hal yang berkaitan dengan Otonomi daerah; Hubungan pusat dan daerah; Pembentukan dan pemekaran, serta penggabungan daerah; Pengelolaan sumberdaya alam serta sumberdaya ekonomi lainnya; Perimbangan keuangan pusat dan daerah; Pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN); Pajak, pendidikan, dan agama.
  • Dalam hal ini, saya akan mengupayakan ikut andil dalam pembahasan RUU sehingga dapat menyumbangkan pikiran menuju perbaikan bangsa, apalagi bila RUU yang dibahas mengenai daerah-daerah. 

2. Fungsi Pertimbangan


Dalam hal ini, saya akan memberikan pertimbangan ke DPR, bila DPR mulai keluar jalur untuk memberdayaan daerah-daerah di Indonesia.



3. Fungsi Pengawasan

Dalam hal ini saya akan terus mengawasi pelaksanaan undang-undang di lapangan. Tentunya harus dilakukan secara konfrehensif dan harus terjun ke lapangan secara langsung. Tidak hanya menyuruh orang atau menggunakan cara-cara yang tidak efisien.



Untuk menyukseskan Visi dan Misi DPD RI sikap saya adalah:

  • Menyediakan wadah aspirasi rakyat di daerah. Sebisa mungkin menggunakan teknologi yang ada, serta dapat terjun langsung mencari tahu apa persoalan rakyat di daerah.
  • Membentuk forum komunikasi rakyat daerah-daerah di Indonesia, untuk mengantisipasi konflik antar daerah dan untuk lekas mengetahui aspirasi mereka.
  • Ikut mendesak pelaksanaan pemerataan kesejahteraan rakyat di daerah kepada lembaga yang berwenang akan hal itu (Misal: Menko Perekonomian dll.)
  • Saya akan melakukan publikasi isu-isu di daerah untuk kemudian menjadi trend topik di media massa dan masyarakat yang selanjutnya akan mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah pusat.
  • Saya akan mengupayakan hal ini dalam pembahasan UU di DPR RI, memperjuangkan hal ini tentunya dengan persiapan yang baik, mengkaji sendiri, atau mengundang para ahli untuk dapat dikaji bersama, mengamati Negara lain, mengamati kondisi penerapan undangundang yang berlaku. 
  • Hal ini saya akan awali dengan komunikasi yang baik dengan para pemilik kepentingan di daerah dan pusat, setelah itu mengajak mereka untuk sama-sama membantu percepatan kesejahteraan Masyarakat di daerah.

Saya tidak ingin mengubar janji di dalam kampanye-kampanye seperti di atas pada masa kampanye untuk mendapatkan suara rakyat. Namun setelah terpilih, saya tidak dapat melaksanakan janji-janji itu. Saya harus membuktikan amanat rakyat. Kesadaran sosial yang tinggi tidak mungkin di dapatkan dari slogan-slogan, wacana-wacana, atau janji-janji. Kesadaran sosial akan kita dapatkan bila kita benar-benar terjun langsung di lingkungan masyarakat. Dengan terjun langsung akan terbangun sensitifitas akan kondisi, perhatian, rasa akan penderitaan, dan lain-lain. Modal inilah yang kita gunakan dalam membangun Indonesia. 


Kita ingin Indonesia yang dicintai dan dibanggakan sesuai dengan yang terjadi di lapangan, bukan karena hasil publikasi palsu atau konspirasi-konspirasi elit. Maka dari itu kita perlu dedikasikan diri kita untuk Indonesia secara jujur, bertanggung jawab dan bermartabat.

Rahmat Al Kafi
Tulisan untuk lomba "Jika Aku Menjadi Anggota DPD"

8 komentar untuk "Dedikasiku untuk Indonesia, bila menjadi Anggota DPD RI"

  1. Semoga tak jadi impian belaka,

    BalasHapus
  2. wah sudah mualai belajar kampanya yah ????
    poin ke 2 ttg fungsi pertimbangan itu kayaknya perlu dimaksimalkan... DPR terlalu licin diperhatikan oleh anggota DPD yg beberapa orang saja....

    buat teman2 yg senang berkomentar, dan menginginkan perubahan...
    SAMPAIKAN APA RESOLUSI 2012 MU DISINI ::: RESOLUSI 2012

    BalasHapus
  3. langkah yang inspiratif untuk Menyediakan wadah aspirasi rakyat di daerah. Sebisa mungkin menggunakan teknologi yang ada, serta dapat terjun langsung mencari tahu apa persoalan rakyat di daerah.

    BalasHapus
  4. @your gadget, kita selalu berharap demikian.
    @alternative road, sebuah keharusan dalam berpolitik.
    @Don Komo, terima kasih apresiasinya, upaya sangat jarang dilakukan oleh elit-elit hari ini, hanya bisa bicara di media, padahal kondisi realitas di masyarakat bercerita lain...

    BalasHapus
  5. semoga jangan hny sampai d sikap saja. tpi trus lanjut ketahap berikutnya [bertindak] . indonesia tidak hny butuh sikap saja tpi yg lebih dibutuhkan sekarang adalah TINDAKAN

    BalasHapus
  6. betul saudara...
    saya tipikal kedua bertindak... tapi tetap butuh rencana yang matang

    BalasHapus
  7. kita selalu berharap demikian....

    BalasHapus