Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berpetualang ke Pulau Miangas, Pulau Paling Utara Indonesia (2)

Melonguane (Kab. Kepulauan Talaud)
Sabtu, 5 Oktober 2013

Setelah melewati perjalanan laut selama 15 jam, di pelabuhan Melong saya dijemput oleh bang Oliv. Di sekitar pelabuhan saya diajak makan nasi kuning. Dan sekali lagi "uang Malang tidak laku disini." Saya hanya tersenyum dan berterima kasih. Setelah makan, saya dibawa ke tempat tinggal Bang Oliv di kecamatan Beo utara. Cukup jauh dari Melong, sekitar 1,5 jam. Sepanjang perjalanan saya mengamati dan ngobrol dengan bang Oliv. Di sini pembangunan belum terlalu baik. Bang Oliv banyak bercerita tentang permasalahan-permasalahan di Talaud. Kebetulan dia kerja sebagai fasilitator PNPM Generasi Sehat dan Cerdas di Talaud. Dia Mengurus khusus di Kecamatan Beo Utara. Katanya, pemerintah di sini tidak efektif dalam pelaksanaan kebijakan pemberdayaan masyarakat dan penyelesaian masalah-masalah sosial. Persoalan Umbi-umbian yang harus dikirim dari Manado. Persoalan Infrastruktur yang belum memadai. Persoalan BBM yang tidak ter-manajemen dengan baik. Padahal anggarannya cukup.

Di Perjalanan, kami mampir beli bensin. Saya heran, karena beli bensin jenis premium pake ember, dan dijatah 2 liter/orang dengan harga Rp.10.000,-/liter. Tapi kami mujur bisa dapat 4 liter tanpa antri panjang seperti hari-hari biasa. Tempat ini adalah satu-satunya POM Pertamina di Pulau Ibukota Kepulauan Talaud. Sebenarnya ada SPBU yang dibangun dekat pelabuhan, namun ditutup setelah 1 minggu beroperasi dengan alasan yang tidak jelas. Katanya dekat Bandara, mungkin 1 km. Apalagi bensin kadang kosong beberapa hari.

Di Perjalanan kami mampir lagi di rumah salah satu warga. Namanya Ferdi. Kami juga sekalian berteduh karena akan hujan. Selang beberapa lama, hujan deras pun turun hingga Maghrib.

Pelabuhan Melonguane
Kec. Beo Utara (Kab. Kepulauan Talaud)
Kec. Beo Utara (Kab. Kepulauan Talaud)
Pose di Pebuhan Melonguane

Posting Komentar untuk "Berpetualang ke Pulau Miangas, Pulau Paling Utara Indonesia (2)"