Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Agama yang Diakui di Indonesia

Agama yang diakui di Indonesia
Agama yang diakui di Indonesia

Indonesia mempunyai semboyan, yaitu Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda, tetapi tetap satu. Hal ini karena Indonesia beragam akan budaya, suku, ras, dan agama. Terdapat enam agama yang diakui di Indonesia, yaitu Islam, Kristen Protestan, Konghucu, Kristen Katolik, Hindu, dan Buddha.

Sebagai negara yang demokratis, Indonesia mempunyai konstitusi yang dapat menjamin kebebasan rakyatnya dalam memeluk agama yang diyakininya. Hal ini sesuai yang tertuang di Pasal 28E ayat (1) UUD 1945, bahwa setiap warga negara bebas untuk memeluk agama dan beribadah sesuai agamanya.

Supaya dapat mengetahui pengertian agama, 6 agama di Indonesia beserta penjelasan lengkapnya, simak di bawah ini.

Pengertian Agama

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), agama memiliki arti sebagai ajaran, sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia serta lingkungannya.

Secara bahasa, agama ialah sesuatu yang tetap atau tetap di tempat. Berdasarkan definisi ini, maka wajar apabila agama memiliki sifat turun temurun.

Sementara, secara umum agama memiliki definisi sebagai sistem yang mengatur kepercayaan dan peribadatan Kepada Tuhan, tata kaidah yang berhubungan dengan budaya, dan yang menghubungkan manusia dengan tata kehidupan. Setiap agama biasanya memiliki simbol, mitologi, atau sejarah yang menjelaskan makna hidup serta asal-usul kehidupan atau alam semesta. 

Agama memiliki tujuan untuk menjadikan manusia dalam tatanan kehidupan yang berasal dari Tuhan, yang mana dapat membimbing seseorang yang berakal untuk berusaha mencari kebahagiaan, baik itu di dunia ataupun di akhirat.

Menurut Kenneth Shouler di dalam bukunya, The Everything World's Religions Book (2010) diperkirakan terdapat sekitar 4.200 agama di dunia.

Agama yang Diakui di Indonesia

Umumnya, terdapat banyak agama di dunia. Namun, keberagaman agama di indonesia hanya enam saja yang diakui secara resmi, di antaranya:

1. Islam

Indonesia menjadi negara yang mempunyai penganut agama Islam terbanyak di dunia. Hal ini karena Islam merupakan agama mayoritas penduduk Indonesia. Persentasenya mencapai 87,2% atau sekitar 207 juta orang dan banyak ditemui di wilayah barat Indonesia, seperti Jawa, Sumatera, dan pesisir Kalimantan. Agama Islam sendiri diyakini masuk ke Indonesia melalui para pedagang Arab dan Persia sekitar abad ke-7 atau 8. 

Agama Islam diperkirakan muncul  pada tahun 610 Masehi atau 1.400 tahun yang lalu. Kitab suci agama Islam ialah Alquran yang terdiri dari 114 surat, 30 juz, dan 6.666 ayat. Ibadah wajib yang dilaksanakan umat muslim, yaitu salat, berpuasa di bulan ramadan, zakat, dan pergi haji bila mampu. Adapun, hari-hari besar Islam, di antaranya isra mi’raj, idul fitri, idul adha, dan tahun baru hijriyah. 

2. Kristen Protestan

Awal kemunculan agama Kristen dipengaruhi oleh ajaran Calvinisme dan Lutheran pada abad ke-16 di Belanda. Kemudian, menyebar di beberapa wilayah Indonesia berkat kedatangan misionaris. Beberapa wilayah persebaran agama Kristen di tanah air, yaitu, Kepulauan Sunda, Kepulauan Maluku, Tanah Karo, Tanah Batak, Nusa Tenggara Timur, wilayah barat Papua dan lain sebagainya.

Agama Kristen Protestan di Indonesia sendiri menjadi agama kedua terbesar yang memiliki persentase 6,9% atau sekitar 16,5 juta orang. Kitab suci agama Kristen Protestan ialah Alkitab yang terdiri dari 66 bagian dan terbagi menjadi dua, yaitu 27 Perjanjian Baru dan 39 Perjanjian Lama. Ibadah wajib yang dilaksanakannya ialah ibadah minggu. Tempat ibadah Kristen Protestan dilaksanakan di gereja, balai perkumpulan, aula, ataupun rumah.

Kristen Protestan mempunyai beberapa hari besar, di antaranya ialah hari paskah, natal, pentakosta, kenaikan Isa Almasih, dan wafat Isa Almasih.

3. Kristen Katolik

Awal kemunculan agama Kristen Katolik di Indonesia diyakini dari kedatangan bangsa Portugis untuk mencari rempah-rempah di Kepulauan Maluku. Hal tersebut yang menjadikan rakyat Maluku merupakan penganut pertama Agama Katolik di Indonesia. Kristen Katolik merupakan agama terbesar ketiga di Indonesia dengan persentase sebesar 2,9% atau sekitar 6,9 juta orang. 

Kitab suci di dalam agama Kristen Katolik ialah Alkitab yang terdiri dari 73 bagian dan terbagi menjadi dua, yaitu 27 bagian Perjanjian Baru dan 46 Perjanjian Lama. Ibadah yang dilaksanakan umat Kriten Katolik, di antaranya misa, doa novena, dan doa lingkungan. Adapun beberapa hari besar agama Kristen Katolik, seperti natal, kenaikan Isa Almasih, hari raya Santa Perawan Maria, dan Trihara Suci Paskah.

4. Hindu

Hindu merupakan agama tertua di Indonesia. Awal kedatangan agama hindu di Indonesia di yakini melalui jaringan perdagangan dari China hingga India pada abad ke-4. Setelah itu, berdirinya Kerajaan Kutai serta Kerajaan Tarumanegara menjadi kemunculan agama Hindu dengan nilai-nilai Hindu. Penganut agama Hindu di Indonesia sendiri mempunyai persentase sebesar 1,7% atau sekitar 4 juta orang. Hal ini yang menjadikan agama Hindu sebagai agama keempat terbesar di Indonesia.

Agama Hindu memiliki kitab suci, yaitu Kitab Weda atau Veda yang terbagi menjadi dua kelompok, Weda Sruti dan Weda Smrti. Nama kitab Weda sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti pengetahuan atau mengetahui. Ibadah yang dilaksanakan umat Hindu, di antaranya Trisandhya, Suryasewana, Sembahyang, Berjapa, dan Tirhtayatra. Adapun beberapa hari besar agama Hindu yang diperingati, seperti Nyepi, Kuningan, dan Galungan.

5. Buddha

Agama Buddha merupakan agama tertua kedua di Indonesia. Awal kedatangan agama Budhha pertama kali dibawa oleh pengelana Fa Hsein dari China sekitar abad ke-5 Masehi. Pada abad ke-7, muncul kerajaan Buddha di Indonesia, yaitu Kerajaan Sriwijaya yang kemudian berkembang serta menjadi pusat pengembangan agama Buddha di Asia Tenggara.

Agama Buddha di Indonesia sendiri mempunyai penganut dengan persentase 0,7% atau sekitar 1,7 juta orang. Hal ini yang menjadikan agama Buddha sebagai agama kelima terbesar di Indonesia.

Kitab suci agama Budhha ialah Pitaka yang terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu Vinaya Pitaka, Abdhidhamma Pitaka, dan Sutta Pitaka. Ibdah yang dilaksakan agama Budhha biasa dilakukan di Vihara. Agama Buddha mempunyai istilah Puja yang mengajarkan bagaimana dalam tata cara peribadatan untuk menghormati dan memuja keyakinan umat sehari-hari. Beberapa hari besar Budhha, antara lain hari Waisak, hari Magha, dan hari Asadha.

6. Konghucu

Ajaran Konfusius atau Konghucu pertama kali muncul di Indonesia pada abad ke-17 yang ditandai oleh kemunculan bangunan tua di Pontianak yang sering dijadikan tempat pemujaan. Konghucu menjadi agama keenam terbesar di Indonesia yang memiliki persentase 0,05% atau sekitar 0,1 juta orang. 

Konghucu memiliki dua kitab suci, yaitu Si Shu dan kitab Wu Jing. Ibadah yang dilaksanakan Agama Konghucu berupa kebaktian atau sembahyang yang dilakukan di Kelenteng, Lithang, ataupun rumah. Beberapa hari besar Konghucu, antara lain tahun baru Imlek, Cheng Beng, dan Cap Go Meh.

Itulah, 6 agama yang diakui di Indonesia. Pada dasarnya, keberagaman agama di Indonesia bukanlah menjadi suatu penghalang untuk bersatu, melainkan dapat menjadi pengikat persatuan untuk hidup harmonis di Indonesia.

Rahmat Al Kafi

Sumber: 

Gramedia.com

Tirto.id

Posting Komentar untuk "6 Agama yang Diakui di Indonesia"